Friday, March 2, 2012

SIAPA YANG SALAH...........

          Cerita  ini  sebenernya  udah  lama....  tapi  baru  sempet diposting,  biasa  deh  sibuk  shooting  sama  pemotretan ... hehe  gak  percaya  khan  alhamdulillah  kalo  gak  percaya.  Hari  itu  hari  kamis,  tapi  tanggalnya  lupa...waktu  itu  matahari  sedang bersinar  terik,  angin  berhembus  sepoi-sepoi....suasananya pas  banget  buat tidur leyeh-leyeh  sambil  makan  kripik  di depan tipi....muantappp...Makanya  semangat  banget  buat  cepet- cepet  pulang dari  sekolah  dan  kebetulan  jam mengajar pun sudah  habis.... pas  sampai  parkiran   baru  naek  keatas  motor,  terasa  ada  yang  berbeda...  apa  yaaa......... Oh..Oh.........ban kempes...
           Sebelum  lanjut  thanks  to  bang  udin  yang  sudah  membantu  mendorong  motor  ke  tukang  tambal  ban  terdekat .Niat bersantai  pun  tertunda  karena  harus  nambal  ban  dulu. Rupanya  selain  tempat  tambal  ban  disitu  juga  tempat  ngumpul  supir  angkot  buat  istirahat.
          Salah  seorang  supir  angkot  menegur  saya  "  Ibu  ngajar  yaa....?
          Saya  pun menjawab  " Iya,  Bang!
Dalam  hati saya  berpikir, mungkin  wajah  saya  mencerminkan  wajah  guru  banget  yaaa, guru  baik  hati,  tidak  sombong  dan suka  menabung....eits ngarepp... ternyata  bukan  itu  alasannya  sodara-  sodara ....jelas  aja  si  Bapak  tahu  karena  hari  itu  saya  pakai  seragam  batik  PGRI .. (  makanya  saya  inget  kalo  hari  itu  hari  kamis).
           "  Tapi  saya heran  makin  banyak  guru  yang  mengajar,  makin  banyak  murid  yang  kurang  ajar! kata  si  Bapak  tadi  sambil setengah  berteriak  memancing  perhatian beberapa  orang  yang  ada  disekitar  itu.
            Gubrak...rasanya  mo  kabur  dengernya, andai  saja  ban motor belom  dipretelin mending  dorong deh  ketempat  lain. " Iya  tapi  khan  yang  namanya  guru  tidak  pernah  mengajarkan  muridnya  untuk  kurang  ajar, Pak! ujar  saya menanggapi  perkataan  si  Bapak  tadi.
            "  Ya  tapi  buktinya,  lihat  berita  di  koran,  sambil  mabuk  pakai narkoba  akhirnya  nabrak  orang, apa  nggak  kurang  ajar  itu.  Belum lagi  kasus  korupsi...  bla  bla  bla.........(  sorry  Pak,  saya setengah  dengerin,  setengahnya  lagi  tutup  kuping)
             Akhirnya  saya  pun  tidak  menanggapi  hanya  manggut -manggut  berharap  segera  keluar  dari  tausiah  atau  curhat  si  bapak. Tidak  lama  Bapak  itu  pun  masuk  kedalam  bengkel  mau  makan  dulu  katanya  (  alhamdulillah...).  Setelah  itu  saya  berpikir....kenapa  hati  saya  merasa  tertusuk  mendengar  ucapan  bapak  tadi, saya  mengerti  si  Bapak  tidak  bermaksud  meremehkan  profesi  guru,  dan  saya  paham  kalo  ucapannya  itu  semata  ungkapan  rasa  kecewa  melihat  akhlak  anak-  anak  sekarang yang  semakin  jauh  dari  akhlakul  karimah.
              Ucapan  Bapak  tadi  kembali  menyadarkan  saya kalo  untuk  menjadi  guru  bukan  sekedar  mentransfer  ilmu  yang  ada  dibuku  teks  sekolah, tapi  juga  harus  mentransfer  nilai-nilai  kehidupan, dan juga pengalaman hidup  yang  nantinya  bisa  dijadikan  pertimbangan  mereka  saat  mereka  dihadapkan oleh persoalan hidup.
             Menjadi  guru  bukan  sekedar  memberi  nilai siswa  berdasar  kertas  ulangan,   menjadi  guru  berarti menyediakan  tempat  buat mereka  untuk  dipahami  dan  dimengerti. Menjadi  guru  berarti  memiliki  tanggung  jawab  moral atas  tingkah  laku  mereka. Lalu  ketika  mereka  mengambil keputusan  yang  salah  dalam  hidup mereka,  siapa  yang  salah.......
Guru,  orang  tua,  lingkungan pastinya  semua  ikut  bertanggung  jawab,  Namun yang  paling  bersalah  adalah  saat  kita tidak  mau  lagi  berlelah-lelah  mengingatkan  mereka  untuk  terus  berbuat  yang  tidak  salah.
 
            
         

7 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. bagus banget miss postingannya, sampai gak bisa berkata kata, kereeeeeeeen :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks rahma, pas saat itu saya juga gak bisa berkata- kata hiks hiks

      Delete
  3. keren miiiiiiiiiiiisss kata-katanya bikin jleb dihati hehe._.v keren! two thumbs up buat miss^^

    ReplyDelete
  4. ya ampun misss terharu saya baca postingan misssss. good job misss hehehe ._.v

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks a lot i wish it could inspire everyone who read this

      Delete