Tuesday, December 20, 2011

Sudahkah saya menjadi guru yang inspiratif ?

Rapat  evaluasi  hasil  belajar  yang  diadakan  setelah  proses  ujian  dan  sebelum  pembagian  hasil belajar,  selalu  menyisakan  tanda  tanya  di  benak  saya. 

Sebenarnya  apakah hasil  belajar  itu  hanya  bisa  dilihat  dari nilai  siswa  yang  tertera  dikertas  ujian, tugas  dan  sebagainya. Teringat  masa -masa  belajar  dulu,  yaa  kita  pasti akan  berkata  saya  pernah  belajar  materi  tersebut....  tapi  masih  ingatkah  kita  dengan  materi  tersebut.  Sekedar  hanya  ingat  nama mata pelajarannya  tapi  tidak  ingat  apa  isinya  ....(  itu  pengalaman  saya).  Saat  itu  kita  kompeten  dan  mampu  menguasai  materi  tersebut  tapi  saat  ini  apakah  kita  masih  kompeten?

Nilai  siswa  yang  kurang  memuaskan,  biasanya  guru  mengantisipasi  dengan  proses remedial.  Lalu  setelah  remedial  ternyata  nilainya  masih kurang  juga.........  sampai  akhirnya  guru dan  siswa  sama sama  frustasi. Siapa  yang  salah,  siswanya  atau  gurunya? ....  saya  rasa   tidak  ada  yang  salah,  saat  keduanya  sudah  berusaha,  mungkin  materinya  yang  perlu  disalahkan...  hehehe  mulai  ngawur.

Suatu  saat ada  siswa  yang  bertanya  kesaya "  Bagaimana  sih  caranya supaya  bisa  menghafal  nama  tanaman  dengan  bahasa  latinnya  dengan  mudah"
Saya  katakan"  Selama  kamu  anggap  materi itu  tidak  penting  untuk  hidup  kamu,  cuma  sekedar  hafalan,  selama itu  pula  kamu  kesusahan  menghafalnya"
Prok...prok...  tepuk  tangan,  bagus  khan  jawaban saya  hehehe  narsisnya  ibu  ini.

Tapi  bener khan,  coba  deh  inget  waktu  zaman  dahulu  kala,  saat  menjadi  remaja  masa  itu...  kesannya  sekarang  udah  manula  banget...
Saat  mulai  suka  dengan  seseorang,  saat  bergerilya  mencari  nomor  telepon  si  dia,  alamat,  tanggal  lahir...dsb.  Begitu  banyaknya informasi  tentang  DIA,  dia  ,  dia  (  afgan  banget),  langsung  bisa  keinget,  apa  yang  menyebabkan  itu  semua....  Power of  love...ups  Lebayyy.
Yang  pasti  saat  itu  kita  mengkondisikan  bahwa  hal  itu  penting  sehingga  semua  kekuatan  untuk  mengingatnya  dikerahkan  dengan  segenap  daya  dan  upaya.....

Nah...  dapatkah  saya  sebagai  seorang guru  menciptakan  kondisi  tersebut.  Membuat  siswa  selalu  merasa  bahwa  ilmu  tersebut  penting  untuk  hidupnya. Pekerjaan  rumah  yang  cukup  sulit  neeh...
Saya  pernah  baca  artikel  yang  dibuat  oleh  Reynald  Kasali  dan  kalimat  itu sungguh  mengesankan, kalo gak  salah  inget  intinya begini,  Sebagai  seorang  guru  kita  harus  mampu  membuat  siswa  belajar  tanpa  seorang  guru...., setuju..setuju,  belajar  adalah  proses  yang  tidak  pernah  berhenti.

Menjadi  guru  harus  bisa  menginspirasi  siswanya  untuk  melakukan  sesuatu  yang  lebih  baik,  bukan  membuat  siswa  takut  dan  menghindarinya.  Setiap  guru memiliki  keinginan  yang  sama  yaitu  membuat  siswanya lebih  baik,  lebih  pintar.....  cuma  caranya  yang  berbeda-  beda.Mengajarlah  dengan  hati,  agar  keinginan  tersebut  mudah  tersampaikan  ke siswa  kita.
Sudahkah  saya  menjadi  guru  yang  inspiratif?  



 

1 comment: